Pages

Sabtu, 28 Juli 2012

Ilmuwan temukan rahasia berjalan di atas air


Ilmuwan temukan rahasia berjalan di atas air
Photo credit by Dan Belton © Flickr.com
 
6
Reporter: Dwi Andi Susanto
Apabila Anda pernah melihat seorang pesulap dapat berjalan di atas air, mungkin Anda antara percaya dan tidak. Secara logika, manusia cenderung tidak dapat mengapung di permukaan air.

Nampaknya hal tersebut yang membuat beberapa orang peneliti dari University of Chicago bernama Scott Waitukaitis ingin Heinrich Jaeger ingin membuktikan apakah benar manusia tidak dapat berjalan di atas air.

Apabila sebuah kolam diisi dengan campuran air dan tepung, kemudian setiap orang dapat berlari di atas permukaan air tersebut. "Namun, Anda mengurangi kecepatan atau bahkan berhenti, maka dipastikan Anda akan tenggelam," jelas keduanya.

Menurut penjelasan Jaeger dan Waitukaitis, "Apabila Anda memukul benda cair suatu contoh air, sesaat setelah terjadi tumbukan tersebut, partikel air akan mengumpul dan memadat. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama karena setelah semua partikel telah menjadi bentuk solid, dalam hitungan setengah detik, kesatuan tersebut akan melumer kembali seperti awalnya."

Penggunaan tepung atau zat lainnya berfungsi sebagai alat pembantu menyatukan partikel air tersebut. "Contoh lainnya adalah coba Anda lemparkan sebuah lempengan batu atau apa saja yang pipih dengan arah menyamping ke sebuah permukaan kolam atau danau, pertama kali yang akan nampak adalah batu tersebut akan terpantul-pantul beberapa kali sebelum akhirnya tenggelam. Hal tersebutlah yang terjadi ketika partikel air menjalin kesatuan padat," lanjut
Jaeger dan Waitukaitis.

Seperti penjelasan keduanya yang dikutip oleh Msn.com mengatakan bahwa partikel air ini berukuran satu mikron, lebih kecil dari ukuran bakteri biasa. Salah satu benda cair yang memiliki kerekatan partikel yang kuat adalah kopi.

Namun, Jaeger dan Waitukaitis tidak menjelaskan apakah kadar garam yang tinggi di dalam air termasuk benda cair dengan partikel kuat atau tidak. Seperti yang banyak diketahui adalah orang dapat mengapung di laut mati tanpa harus menggunakan teknik berenang atau peralatan renang lainnya.

0 komentar:

 

Peliharalah

Take Care Of Him..

Advertisement


Mau lihat tips yang lain?
Klik di sini (Info Blog)
 
Ultra Man